Kamis, 30 Maret 2023

International Minangkabau Literacy Festival Sumatera Barat

 Menyambung Tali Silaturahmi IMLF SUMBAR 2023


Internasional Minangkabau Literacy Festival, walau telah usai, tapi gaungnya terus bergema, semangatnya masih bergelora dan tali silaturahimnya masih terikat kuat. 

IMLF adalah sebuah event yang sangat luar biasa bagi saya. Wadah untuk saling berkenal, bertukar pikiran, bersahabat, berkerabat dan dapat menemukan keramahan bak rindu jumpa keluarga yang jauh baru jumpa. Ia di sana banyak sekali kenang yang kemudian jadi rindu di kalbu. 


Walau mulanya kami tak kenal, tak sapa, tak menyangka juka bisa bertandang ke sana. Tapi, inilah rencana Tuhan yang indah. Berkat niat baik menyambung silaturahmi kita semua dipertemukan dalam sebuah majlis yang selalu dalam kenang. Bersilaturahmi bukan hanya sebatas pada sanak saudara, tapi juga pada mereka yang berbeda suku, beda bahasa, beda ras, beda agama, bahkan beda negara tapi kita tetap satu. Yang mulanya itu mereka tapi kini menjadi kami. Kini kami, kita adalah keluarga. 


Demikianlah dahsyatnya keajaiban bersilaturahmi,


Silaturahmi Menjaga Kerukunan


Selain dapat menambah empati dan menghindari sikap egois, silaturahmi juga dapat menjaga kerukunan dan keharmonisan dengan sesama. Semula tak kenal kemudian menjadi akrab, semula akrab kemudian menjadi erat. Dari situlah berkah Tuhan akan diturunkan.


Memperpanjang Umur


Tak hanya menjadi makhluk yang mulia, keutamaan silaturahmi juga dapat memperpanjang umur dan melapangkan rezeki. Mengunjungi anggota keluarga dan sanak saudara merupakan salah satu cara untuk menciptakan kerukunan dan keharmonisan. Selain itu silaturahmi juga merupakan amalan yang memiliki nilai pahala besar.


Seseorang yang senantiasa menjaga tali silaturahmi maka Allah akan melapangkan rezeki dan memperpanjang umurnya. Hal ini sebagaimana yang tercantum dalam sebuah hadis berikut, Rasulullah SAW bersabda:


"Barangsiapa yang ingin diluaskan rezekinya dan dipanjangkan umurnya, maka sambunglah tali silaturahmi," (HR. Bukhari – Muslim).


Menjaga dan memperkuat silaturahmi sangat penting dilakukan oleh setiap insan dan tentu bagi seorang muslim. Hal ini bukan hanya bermanfaat di dunia saja, akan tetapi untuk kebaikan di akhirat nanti.


Memperluas Persaudaraan


Salah satu keutamaan silaturahmi adalah memperluas persaudaraan. Setiap orang yang menjalankan silaturahmi akan lebih banyak mengenal sahabat atau saudara yang lainnya.

Seseorang yang jarang bersilaturahmi, tentu tidak akan saling mengenal keluarga, sahabat yang lainnya, padahal diketahui bahwa semua umat Islam adalah saudara. Inilah yang menjadi salah satu fungsi dari silaturahmi.


Tanah Bumbu, 26 March 2023

Tidak ada komentar:

Posting Komentar